Bagaimana Aku Bisa Memberikan Kesan Pertama yang Baik??


Keberhasilanmu bisa jadi bergantung pada kesan pertama yang kamu buat. Perhatikanlah 3 bidang dalam ha keterampilan bergaul yang mungkin perlu kamu tingkatkan sehingga kamu meninggalkan kesan yang baik bagi orang lain ☺

1. Penampilan 
Suka atau tidak, kesan pertama yang orang lain dapatkan mungkin berdasarkan atas penampilanmu. Tentu saja, apa yang kamu kenakan harus sesuai dengan situasinya. Tetapi, bagaimana jika kamu tidak yakin baju mana yang pantas? Kuncinya adalah menghindari yang aneh-aneh. Kalau kamu ragu, kenakan bajuu yang biasa saja.  
Ingat!  Pakaian dan dandananmu bisa menyingkapkan orang seperti apa kamu sebenarnya.
Saran: Mintalah pendapat orang yang kamu respek karena cara berpakaiannya bagus.

2. Tutur Katamu
Tutur katamu menyingkapkan apakah kamu orang yang rendah hati atau sombong, luwes atau kaku. Ingatlah hal itu jika kamu berupya membuat kesan pertama yang baik terhadap lawan jenis.
Ingat! Kata-katamu ibarat jendela dimana orang lain bisa memandang dirimu yang sebenarnya-jadi pastikan yang mereka lihat itu indah!
Saran: Perhatikanlah orang-orang yang kelihatannya mahir bercakap-cakap. Teknik apa saja yang mereka gunakan agar percakapan tetap mengalir? Dapatkah kamu menggunakan metode serupa?

3. Tidakanmu
Ada pepatah mengatakan, tindakan lebih berarti daripada kata-kata. Misalnya, jika kamu bertata krama, tidakanmu 'mengatakan' bahwa kamu merespek orang lain. Itu kiat lain yang perlu kamu ingat sewaktu kamu sudah siap mencari teman hidup.
Ingat! Tindakanmu ibarat papan reklame sifat-sifat batiniahmu. Apa yang 'diiklankan' oleh tindakanmu tentang dirimu?
Pikirkanlah: "Apakah aku bertata krama? Apakah aku memperlihatkan minat yang tulus kepada orang lain? Apakah aku bisa dipercaya? Apakah aku tepat waktu?"
Saran: Kalau kamu punya janji, rencanakan untuk tiba lebih awal setidaknya 10 menit, sehingga jika ada keadaan yang tidak terduga, kamu masih bisa tiba tepat waktu. Jangan sampai kamu membuat kesan pertama bahwa kamu tukang telat!

Berhati-hatilah!
Jangan berpura-pura demi memberikan kesan pertama yang baik, karena itu sama saja dengan menipu. Sebaliknya, tentukan kamu ingin dikenal memiliki sifat apa, lalu dengan tulus berupaya memupuknya dan tunjukkan dalam semua tindakanmu. Seraya melakukannya, ingatlah bahwakamulah yang membangun reputasimu sendiri.
Dengan memberikan perhatian yang sepatutnya terhadap penampilan, tutur kata, dan tindakanmu, kamu akan membuat kesan pertama yang baik-yang akan bertahan selamanya!

singkat tips:  1. Senyum yang hangat
                         2. Jabat tangan yang erat, jangan terlalu kuat ^^
                         3.
Higiene yang baik
                         4. Kontak mata yang sepatutnya

source: book of Sedarlah edition June 2011

0 komentar:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About

free counters